Kepala BKPSDM Kota Banda Aceh Pantau Pegawai WFH Lewat Aplikasi Zoom

“Semoga bisa menjadi contoh dan bisa diterapkan pada OPD yang lain”

Pandemi virus Corona atau COVID-19 yang sedang dialami seluruh dunia saat ini memang meresahkan, tidak terkecuali di Banda Aceh yang saat ini belum mengalami penurunan kasus.

Oleh karena itu, kantor-kantor memberlakukan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah laju penyebaran virus Corona.

Beberapa waktu yang lalu pemerintah Kota Banda Aceh sudah mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Nomor 800/1636 yang di dalamnya mengatur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Surat tersebut ditandatangani Wali Kota, Aminullah Usman tertanggal 5 Agustus 2020 lalu.

Surat edaran tersebut dikeluarkan berdasarkan Surat Gubernur Nomor 800/7669 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan Covid-19 fase new normal.

Kepala BKPSDM Kota Banda Aceh, Arie Maula Kafka, S.Sos, Jumat (4/9/2020) mengatakan merujuk pada surat edaran tersebut, PNS dan Non PNS (Tenaga kontrak) pada kantor BKPSDM Kota Banda Aceh saat ini dalam memberikan pelayanannya diberlakukan sistem kerja shift. Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif untuk menekan laju penyebaran virus corona.

Bagi pegawai yang tidak mendapatkan shift kerja dikantor, maka pegawai tersebut diberikan shift bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

“Pelayanan di BKPSDM Kota Banda Aceh saat ini dilakukan dengan sistem shift, sebagian pegawai bekerja di kantor, sedangkan yang lain bekerja di rumah sesuai dengan jadwal yang sudah kita atur,” jelas Arie Maula.

Meskipunpun demikian lanjut Arie Maula, semua pelayanan di BKPSDM Kota Banda Aceh harus berjalan dengan baik namun harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Maka dari itu ia sebagai atasan terus memantau semua pekerjaan tanpa terkecuali bagi pegawai yang sedang WFH.

“Sebagai instansi pemerintah Kota Banda Aceh yang memberikan pelayanan bagi ASN dan Tenaga Non PNS, maka kita berusaha semaksimal mungkin memastikan semua pelayanan tersebut berjalan dengan baik,” ujarnya lagi.

Ia melanjutkan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut sebagai atasan ia terus memastikan semua pekerjaan pegawai baik yang bekerja di kantor maupun yang WFH agar semuanya bisa terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

“Bagi pegawai yang sedang WFH, kita di BKPSDM Kota Banda Aceh tetap melakukan komunikasi dan koordinasi dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, sehingga pekerjaan mereka tetap bisa kita pantau sehingga jika ada kendala bisa segera kita selesaikan. Disamping itu kita juga tetap memberikan semangat jika ada pegawai yang sakit,” tambahnya.

Arie Maula berharap hal ini bisa menjadi contoh dan bisa diterapkan pada OPD yang lain sehingga meskipun saat ini COVID-19 sedang melanda tidak serta merta membuat pekerjaan dan pelayanan kantor terhenti atau tidak berjalan dengan baik.



Tinggalkan Balasan