Pemko Banda Aceh Bekali Wirausaha Pintar Bagi PNS Pra Pensiun

PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh yang akan memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) mendapatkan pembekalan wira usaha pintar yang berlangsung di Gedung ITLC Banda Aceh eks Gedung Bioskop Garuda yang berada di Jln. Syech Mudawali, No. 1, Gampong Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (20/07/2022).

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sosialisasi dengan tema “ Wirausaha Pintar Menuju Purnabakti Berkarya,” menghadirkan pemateri dari PT. Taspen serta difasilitasi oleh Bank Syariah Indonesia dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh melalui BKPSDM Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 50-an orang peserta yang berasal dari sejumlah OPD di lingkungan Pemko Banda Aceh yang akan memasuki BUP.

Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq dalam arahannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretariat Daerah, Iskandar, mengatakan bahwa PNS merupakan aparatur sipil negara yang memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan bangsa, sehingga keberadaan PNS mendapat jaminan pembiayaan kehidupannya dari negara sejak pengangkatan sebagai CPNS hingga masa purna bakti/pensiun.

“Jaminan pembiayaan yang dimaksud adalah jaminan akan hak atas gaji dan sebagainya serta jaminan atas tunjangan hari tua (THT) ketika masa purna bakti/pensiun berdasarkan undang-undang nomor 43 tahun 1999 yang menyebutkan bahwa pensiun merupakan jaminan hari tua dan sebagai balas jasa pemerintah terhadap pengabdiannya yang bertahun-tahun kepada bangsa dan negara,” sebutnya.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, pemerintah telah menunjuk PT. Taspen (Persero) untuk mengelola dana para pensiunan sekaligus mengurusi pencairannya sesuai dengan domisili PNS bersangkutan, yang hari ini bekerjasama dengan pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Banda Aceh.

Brand Manager PT. Taspen Aceh, Budi Santosa

Hal senada disampaikan oleh Brand Manager PT. Taspen Provinsi Aceh, Budi Santosa yang turut memberikan penjelasan terkait hak dan kewajiban bagi para PNS setelah masuk masa usia pensiun.

Ia memberi gambaran tentang jaringan PT. Taspen yang saat ini sudah hadir diseluruh pelosok nusantara.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Area Manager Bank BSI Aceh yang diwakili oleh kepala BSI Cabang Banda Aceh Keutapang, Yudi Chandra, mengatakan Bank BSI selaku mitra Taspen akan berusaha membantu dan memfasilitasi kebutuhan para PNS yang akan memasuki masa BUP.

“Sebagai mitra Taspen, BSI akan membantu memfasilitasi dan memberikan kemudahan kepada bapak-ibu yang akan memasuki masa pensiun nantinya,” ujarnya.

Ia berharap, dimasa mendatang acara sosialisasi seperti saat ini dapat diselenggarakan kembali.

“Semoga kedepan acara sosialisasi seperti ini dapat dilakukan kembali, terimakasih Tim BKPSDM Kota Banda Aceh yang sudah menyukseskan acara ini,” pungkasnya.

Usai sambutan dari Bank BSI, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang sampaikan oleh beberapa pemateri yaitu, Sosialisasi Kepegawaian Bagi PNS Pra Pensiun (oleh Analis SDM Aparatur Ahli Muda, Muhsin), Sosialisasi Ketaspenan (oleh Fatia Suryani), dan Sosialisasi Pembiayaan Pra Pensiun dan Pensiunan (oleh Syurkani).

Ikut hadir pada kegiatan ini Kepala BKPSDM Kota Banda Aceh, T. Syahluna Polem yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Kinerja, Kamarsyid. (KmL)