Sosialisasi My SAPK BKN, Tim BKPSDM Kota Banda Aceh Kunjungi Sejumlah OPD

Aplikasi My SAPK BKN adalah salah satu sistem aplikasi pelayanan dalam kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN). My SAPK memiliki fungsi untuk memudahkan PNS pada seluruh instansi.

Guna memberikan panduan dan edukasi terkait aktivasi akun My SAPK BKN bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, hari ini Kamis (24/6/2021) Tim BKPSDM Kota Banda Aceh melakukan sosialiasi pada Diskominfotik dan Dishub Kota Banda Aceh.

Kabid Mutasi Promosi dan Informasi BKPSDM Kota Banda Aceh, Azanasrianty, SH, MH dalam arahannya didepan ASN Diskominfotik menuturkan bahwa Aplikasi My SAPK BKN adalah salah satu sistem aplikasi pelayanan dalam kepegawaian Badan Kepegawaian Negara. My SAPK memiliki fungsi untuk memudahkan PNS pada seluruh instansi.

“Hal ini bertujuan untuk dapat mengakses data kepegawaian. Antara lain data Profil PNS, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan taspen, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Ia melanjutkan, My SAPK dapat diakses oleh ASN secara mandiri, sehingga dengan diterapkannya data kepegawaian secara nasional akan menjadi lebih akurat.

“Bagi pengguna android dapat mengaktifkan akunnya dengan cara mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau dapat juga melakukan aktivasi melalui website https://mysapk.bkn.go.id/,” terangnya.

Mengingat pentingnya aktivasi akun My SAPK bagi ASN Pemko Banda Aceh, ia berharap seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Banda Aceh dapat melakukan aktivasi akun sebelum 1 Juli 2021.

Ia menambahkan bahwa Diskominfotik merupakan OPD pertama yang didatangi Tim BKPSDM Kota Banda Aceh dalam rangka sosialisasi aktivasi akun My SAPK.

“Diskominfotik ini adalah OPD pertama yang kami datangi dalam rangka sosialisasi aktivasi akun My SAPK, setelah ini hal serupa juga akan kami sosialisasikan pada Dinas Perhubungan setelah itu baru Tim kami akan bergerak ke OPD yang lain di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh, Fadhil S.​Sos, MM, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kedatangan Tim BKPSDM Kota Banda Aceh dalam rangka sosialisasi aktivasi akun My SAPK.

“Alhamdulillah hari ini Tim BKPSDM Kota Banda Aceh melakukan sosialisasi tentang My SAPK, ini tidak lain dalam rangka mengimplementasikan seluruh komponen ASN yang ada di Indonesia terdata dan data ini betul-betul valid,” kata Fadhil.

Fadhil menambahkan, selama ini ditenggarai banyak ASN fiktif sehingga terjadinya kebocoran uang negara.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan kita semua khususnya ASN yang ada di Diskominfotik serius dan bisa memahami akan pentingnya aplikasi ini,” pintanya.

Pada kegiatan sosialiasi di Diskominfotik Kota Banda Aceh, ikut hadir Sekretaris BKPSDM Kota Banda Aceh, Muliadi, SH, MM, Kasubbid Data dan Informasi, Reza Pahlevi, S.STP, Tim Tekhnis BKPSDM, dan Sekretaris Diskominfotik Kota Banda Aceh T. Taufik Mauliansyah, S.Si.T, M.Si.

Sedangkan pada kegiatan sosialisasi di Dishub Kota Banda Aceh, dihadiri oleh Sekretaris BKPSDM, Muliadi, SH, MM beserta Tim Tekhnis, Sekretaris Dishub, Muhammad Zubir, S.Si.T, M.Si serta ASN pada Dishub Kota Banda Aceh. (KmL)